6 Cara Agar Tetap Aman Dalam Menggunakan Wifi Publik

6 Cara Agar Tetap Aman Dalam Menggunakan Wifi Publik

Inilah beberapa tips agar tetap aman saat menggunakan WiFi gratis di tempat umum :


1. Periksa nama WiFi hotspot-nya.
Untuk memikat korban, hacker terkadang membuat WiFi Network palsu. Nama yang digunakan umumnya dibuat mirip dengan tempat yang Anda tongkrongi. Cara ini dianggap efektif karena korban akan mengira itu hotspot resmi.

2. Gunakan HTTPS.
Saat mengakses internet di jaringan publik, pastikan situs yang Anda buka URL-nya menggunakan "https://". Website yang menggunakan https akan mengenkripsi aktivitas Anda.

3. Pakai VPN.
Jika ingin memastikan bahwa semua lalu lintas penjelajahan Anda di internet dienkripsi, tidak peduli situs apa yang Anda kunjungi atau aplikasi mobile apa yang Anda gunakan, Anda bisa menggunakan VPN (Virtual Private Network). Layanan VPN memungkinkan Anda melakukan semua aktivitas di Internet melalui jalur yang aman sehingga privasi pun terjaga. Ada banyak layanan VPN yang bisa dicoba, seperti Cyber Ghost, Private Internet Access dan TunnelBear.

4. Matikan Sharing.
Ketika berada di jaringan publik, sebaiknya ubah settingan sharing menjadi Off, karena jika tidak siapa pun dapat mengaksesnya, bahkan mereka tidak perlu menjadi seorang hacker.
Cara mengubah settingan sharing di Windows: Buka Control Panel, pilih Network and Sharing Center, lalu pilih Change Advanced Sharing Settings. Klik tombol "turn off file and printer sharing" dan "turn off network discovery"
.
5. Aktifkan Firewall.
Untuk mengaktifkannya, buka Control Panel di Windows, lalu pilih System and Security > Windows Firewall.
Untuk Mac, buka System Preferences > Security & Privacy > Firewall, pastikan firewall Anda dalam posisi On.

6. Matikan WiFi saat tidak digunakan.
Matikan WiFi Anda jika sedang tidak menggunakan internet. Kesannya mungkin sepele. Namun semakin lama Anda terhubung ke jaringan internet publik, orang-orang iseng yang tak bertanggung jawab semakin punya waktu yang lama pula untuk menyelinap ke komputer atau gadget Anda.

Share this

Blog ini dibuat atas ketertarikan dan minat kami dengan website dan juga sebagai media sosial berbagi Info Menarik serta Hiburan lainnya.

Previous
Next Post »

No comments